Internet dan Ekstranet


Aplikasi perusahaan menciptakan perubahan yang mendasar bagi organisasi dalam menjalankan kegiatan bisnisnya dengan menawarkan banyak peluang dalam mengintegrasikan data bisnis yang penting kedalam suatu sistem tunggal.

Namun seringkali aplikasi perusahaan sulit kali di terapkan dan harganyapun mahal. Oleh karena itu, internet dan Intranet pantas di sebut sebagai perangkat alternatif untuk meningkatkan integrasi dan kelancaran arus informasi antar perusahaan, dengan pelanggannya beserta pemasoknya.

Secara sederhana intranet adalah situs web internal perusahaan yang hanya dapat di akses oleh karyawansaja.

Istilah Intranet mengacu pada jaringan internal, yang berbeda dengan internet yang merupakan jaringan umum yang menghubungkan tiap organisasi beserta jaringan eksternal lainnya.


Intranet menggunakan teknologi dan teknik yang sama dengan internet dan intarnet sering kali merupakan wilayah akses pribadi/khusus kalangan karyawan saja pada situs web perusahaan yang lebih besar. Demikian juga dengan ekstranet.

Ekstranet adalah situs web perusahaan yang dapat di akses oleh vendor dan pemasok yang memiliki wewenang dan biasanya digunakan untuk mengoordinasikan pengiriman persediaan ke fasilitas produksi perusahaan tersebut.

Sebagai contoh Six Flag yang mengoperasikan pertunjukan taman di seluruh aerika utara, masih menggunakan intranet bagi 2500 karyawan tetapnya yang menyediakan seluruh informasi dan berita yang berhubungan dengan perusahaan setiap harinnya.

Yang meliputi ramalan cuaca, jadwal pertunjukan, serta rincian mengenai kelompok-kelompok ataupun artis yang mengunjungi taman tersebut.

Perusahaan juga menggunakan ekstranet untuk menyebarluaskan informasi tentang perubahan jadwal dan hiburan yang diadakan di taman bagi 30.000 karyawan musimannya.