Cara Membuat Daftar Pustaka di Ms Word 2016 - Daftar pustaka merupakan salah satu penulisan yang wajib ada untuk makalah atau skripsi. Penulisan yang baik haruslah di dasari oleh rujukan yang jelas untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memperkuat informasi untuk makalah yang akan di buat.
Rujukan tersebut diletakkan pada satu halaman akhir yang di sebut daftar pustaka. Dalam penulisan daftar pustaka yang baik biasanya harus memenuhi kriteria berikut:
- Nama pengarang.
- Tahun terbitan buku.
- Judul buku.
- Nama Penerbit.
- Tahun Penerbit.
Fatansyah. (2012). Basis data. Bandung: Informatika.
Contoh daftar pustaka diatas merupakan penulisan berdasarkan salah satu penulisan yang ada di format ms word. Tentunya ada banyak sekali penulisan-penulisan yang memiliki aturan yang berbeda.
Di ms word sudah menyediakan format penulisan referensi yang sangat mudah. Tentunya kita tidak perlu mensetting secara manual seperti membuat tanda kutip, garis miring dan lain sebagainya. Kita hanya harus mengisi format penulisan yang akan kita buat.
Berikut langkah langkah penulisan daftar pustaka di ms word:
1. Buka aplikasi ms word di laptop atau pc anda.
2. Pilih menu Reference>>Manage Source>>New
3. Pilih jenis daftar pustaka yang akan anda masukkan bisa dari buku, jurnal, web, dan lain sebagainya.
Di ms word ini penulisan belum otomatis, maka kita harus mengetik secara manual dengan menuliskan nama belakang lalu koma (,) dan dilanjutkan dengan nama depan.
Agar lebih mudahnya tombol Edit di bagian Author/penulis, maka isi kan form yang sesuai yang telah tersedia.
5. Pilih halaman yang sesuai untuk di jadikan tempat daftar pustaka tadi dan biasanya di letakkan di halaman belakang.
6. Pilih menu References>>Bibliografi>>Bibliografi Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
7. Selesai.
Oke itu tadi bagaimana cara membuat daftar pustaka di MS word 2016 semoga bermanfaat :).
Baca Juga :
0 Comments