Membuat Penomoran Halaman di MS Word


Penomoran halaman menjadi hal yang sangat penting di ms word. Hal ini wajib di lakukan ketika kita akan membuat makalah, buku, skripsi, dan tugas tugas lainnya yang membutuhkan halaman yang akan kita buat. 

Di sini saya akan memberikan cara membuat penomoran halaman untuk makalah di ms word dengan satu file mulai cari cover sampai dengan penutup. 

Penomoran halaman yang akan di buat kali ini berbeda-beda misalnya dari cover menggunakan penomoran huruf, sedangkan penomoran dari bab menggunakan angka. 

Berikut langkah-langkah yang harus di kerjakan.

Langkah awal kita buat terlebih dahulu judul-judul halaman dari cover, bab 1, hingga penutup.

 
Langkah kedua arahkan kursor di kata pengantar dan daftar isi lalu klik menu Layout -> Break-> Page. Hingga judul-judul halaman terpisah di setiap masing-masing halaman. 

BTW di sini tampilannya saya perkecil dan tulisan saya perbesar dengan tujuan untuk menampilkan setiap halaman.


Langkah ketiga arahkan kursor di bab 1 lalu klik menu Layout -> Break -> Next Page. 

Untuk Bab II hingga penutup lakukan langkah ke 2. hingga tampilan menjadi seperti berikut.

Langkah ke empat arahkan kurson di cover lalu klik menu Insert -> Page Number -> Button Page -> Plain Number 2. Hingga menjadi tampilan seperti di bawah ini.

Dapat di lihat pada gambar di atas maka penomorannya disini masih huruf semua. Maka dari itu disini kita akan mengganti penomoran dari cover sampai di daftar isi dengan penomoran huruf.

Langkah ke Lima arahkan kursor ke halaman cover lalu klik menu Insert -> Page Number -> Page Number Format. Ganti Number format menjadi huruf kecil.


Hingga tampilan seperti berikut.


Langkah lima, untuk halaman cover disini seharusnya tidak memiliki penulisan penomoran, untuk mengatasinya yaitu double klik pada nomor kemudian muncullah menu Design kemudian centang Different Firs Page hingga tampilan menjadi seperti dibawah ini.


Oke itu tadi 5 langkah membuat penomoran halaman di MS Word dengan cepat semoga bermanfaat :).

Post a Comment

0 Comments