Mengenal elemen HTML



HTML ditulis dan diawali dengan elemen <tag> dan di akhiri dengan </tag>. Karena tag adalah elemen yang terpenting dalam bahasa pemrograman HTML. Berikut contoh dari elemen HTML :
<NamaTag>Konten elemen</NamaTag>

<p>Paragraf pertama HTML saya</p>

Di penggunaan HTML di pastikan banyak menggunakan elemen. Elemen yang berada di elemen lain yang di apit tag atau elemen yang dapat menjadi isi dari elemen lain itu yang disebut elemen bersarang. 

Dapat di katakan semua elemen HTML terdiri dari elemen bersarang. berikut contoh elemen bersarang




Elemen HTML

Elemen <html> menjelaskan tentang elemen yang mendefenisikan seluruh dokumen HTML. tag HTML di awali dengan <html> dan di tupup dengan tag</html>.

Elemen paragraf

Elemen paragraf di tandai dengan tag <p>, elemen yang menjelaskan tentang isi dari paragraf html. Bagian ini yang berfungsi menampilkan dokumen di dalam web. 

Elemen paragraf/<p> di awali dengan <p. dan di akhiri dengan elemen </p>. isi dari elemen <p>  pada contoh di atas yaitu Ini paragraf yang menunjukkan kalimat itu di apit dengan elemen <p> dan </p>.







Elemen body

Elemen body di tandai dengan tag <body>. Elemen <body> menjelaskan tentang suatu body / tubuh dari dokumen HTML. 

Bagian ini yang akan menampilkan konten halaman yang ada di dalam web. Elemen ini dimulai dengan tag <body> dan di akhiri dengan </body>. 

Isi konten dari elemen body adalah paragraf/<p>,<h1>,<ul>, dan masih banyak lagi. Seperti contoh di atas, isi dari elemen body yaitu elemen paragraf/<p>. <p> akan menampilkan kalimat yang terdapat di elemen <p>.

Elemen HTML KOSONG

Elemen HTML yang tidak memiliki konten atau isi di sebut empity elemen/elemen kosong. Elemen yang di tutup di awal tag. 

<br> adalah contoh elemen kosong yang tidak meiliki end tag. <br> bermakna baris baru/ganti baris. Akan lebih baik penulisannya yaitu </br> atau <br/>. 

HTML 5 tidak memerlukan elemen kosong yang harus di tutup. Tetapi akan lebih baiknya untuk menutup setiap elemen tagnya agar dapat di baca dengan baik oleh browser.

Pada versi terbaru HTML saat ini elemen <P> akan terbaca sama dengan elemen <p>, karena HTML saat ini tidak memerlukan tag hurur kecil. 

Akan tetapi lebih baiknya tag itu di buat dengan huruf kecil saja. Oke itu saja tadi pembahasan mengenai elemen HTML semoga bermanfaat :).

Post a Comment

0 Comments